AMANDA SUKMA AYU, 215060110 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BAAMBOOZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (923kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di SD di Kabupaten Bandung mengenai rendahnya hasil belajar peserta didik. Hal ini dikarenakan kurangnya inovasi guru dalam menggunakan model dan media pembelajaran. Sehingga mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan cenderung membosankan. Oleh karena itu pentingnya model dan media pembelajaran yang digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Peneliti memandang penting model dan media pembelajaran, salah satunya model Problem Based Learning berbantuan media Baamboozle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Baamboozle terhadap hasil belajar peserta didik di kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen. Metode eksperimen dalam penelitian ini termasuk ke dalam eksperimen semu (quasi experimental). Desain penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Rancamanyar 01 yang berjumlah 137 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 14 peserta didik dan kelas IV C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 14 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, yaitu instrumen tes objektif berupa pilihan ganda yang berjumlah 15 soal dan observasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji effect size berbantuan IBM SPSS Statistics 27. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Baamboozle terhadap hasil belajar peserta didik kelas di kelas IV Sekolah Dasar. Hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan uji hipotesis dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,023 < 0,5 kategori Ha diterima, dan dikatakan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik di kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Baamboozle berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas di IV SDN Rancamanyar 01 dengan skor 0,918 dalam kategori besar. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Baamboozle, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 06:41 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 06:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77858 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |