Mukhlis,Muhammad, 215040038 (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CLASS WIDE PEER TUTORING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI JAMUR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
| 
              
Text
 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (594kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Cover.pdf Download (180kB)  | 
          |
| 
              
Text
 ABSTRAK.pdf Download (267kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB I.pdf Download (287kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB II.pdf Download (480kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB)  | 
          |
| 
              
Text
 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB)  | 
          
Abstract
Pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan yang melibatkan interaksi antara guru dan siswa. Sebagai mata pelajaran konseptual, biologi sering menghadapi tantangan dalam meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Class Wide Peer Tutoring (CWPT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada materi jamur. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain onegroup pretest-posttest. Subjek penelitian adalah kelas X1 yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CWPT dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meskipun nilai N-Gain didominasi kategori rendah. Namun demikian, siswa menunjukkan respons positif terhadap proses pembelajaran, ditandai dengan antusiasme, kerja sama, dan keterlibatan aktif. Selain itu, aspek afektif dan psikomotor siswa juga mengalami peningkatan. Kesimpulannya, model CWPT kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar secara signifikan, namun mampu mendukung pengembangan keterampilan sosial dan kognitif. Disarankan agar guru memberikan penjelasan awal mengenai sintaks CWPT, menyediakan panduan tertulis, serta aktif dalam memberikan pendampingan dan umpan balik untuk meminimalkan miskonsepsi selama pembelajaran. Kata Kunci : Class Wide Peer Tutoring, Hasil Belajar, Jamur
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) | 
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025 | 
| Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni | 
| Date Deposited: | 27 Aug 2025 04:08 | 
| Last Modified: | 27 Aug 2025 04:08 | 
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77838 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
        