Simbolon Gloria Rustami, 215020029 (2025) PENGARUH ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Survei pada Siswa Kelas XI di SMAN 21, SMAN 25, dan SMAN 27 Kota Bandung Tahun Ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
12. BAB I.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
13. BAB II.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
![]() |
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
![]() |
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
![]() |
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
Abstract
Dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa yang tergolong rendah karena kurangnya pemanfaatan pada teknologi Artificial Intelligence (AI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) untuk mengetahui penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) pada siswa, (ii) untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah, (iii) untuk mengetahui pengaruh AI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif dan desain cross-sectional survey. Hasil penelitian menunjukkan (i) penggunaan teknologi AI pada siswa masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata antara 3,64 hingga 4,14. (ii) Kemampuan berpikir kritis siswa masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata antara 3,71 hingga 4,28. (iii) Terdapat pengaruh dalam AI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari nilai koefisien determinasi (R2 ) 0,436 atau 43,6% yang masuk dalam kategori cukup kuat dan hasil uji t menunjukkan hasil positif, sehingga menunjukkan bahwa AI memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Akhir penulisan penulis menyampaikan saran kepada sekolah agar memberikan fasilitas untuk mendukung pemanfaatan teknologi AI sehingga meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Artificial Intelligence (AI), kemampuan berpikir kritis siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 07:56 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 07:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77781 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |