PENGARUH ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Survei pada Siswa Kelas XI di SMAN 21, SMAN 25, dan SMAN 27 Kota Bandung Tahun Ajaran 2024/2025)

Simbolon Gloria Rustami, 215020029 (2025) PENGARUH ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Survei pada Siswa Kelas XI di SMAN 21, SMAN 25, dan SMAN 27 Kota Bandung Tahun Ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (265kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text
9. ABSTRACT.pdf

Download (259kB)
[img] Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (258kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (412kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa yang tergolong rendah karena kurangnya pemanfaatan pada teknologi Artificial Intelligence (AI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) untuk mengetahui penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) pada siswa, (ii) untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah, (iii) untuk mengetahui pengaruh AI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif dan desain cross-sectional survey. Hasil penelitian menunjukkan (i) penggunaan teknologi AI pada siswa masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata antara 3,64 hingga 4,14. (ii) Kemampuan berpikir kritis siswa masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata antara 3,71 hingga 4,28. (iii) Terdapat pengaruh dalam AI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari nilai koefisien determinasi (R2 ) 0,436 atau 43,6% yang masuk dalam kategori cukup kuat dan hasil uji t menunjukkan hasil positif, sehingga menunjukkan bahwa AI memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Akhir penulisan penulis menyampaikan saran kepada sekolah agar memberikan fasilitas untuk mendukung pemanfaatan teknologi AI sehingga meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Artificial Intelligence (AI), kemampuan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Aug 2025 07:56
Last Modified: 19 Aug 2025 07:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77781

Actions (login required)

View Item View Item