LUTFIAH,WIWIN, 215020004 (2025) PENGARUH PERSEPSI KESEJAHTERAAN GURU DAN MOTIVASI MENJADI GURU TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU (SURVEI PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS PASUNDAN ANGKATAN 2021). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (523kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (623kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (444kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tingginya jumlah mahasiswa pendidikan yang bertolak belakang dengan fenomena kekurangan guru di Indonesia, mengindikasikan adanya isu ketidaksiapan mahasiswa untuk menjadi guru. Penelitian ini bertujuan untuk: (i) mengetahui tingkat persepsi mahasiswa terhadap kesejahteraan guru, tingkat motivasi menjadi guru, dan tingkat kesiapan menjadi guru, serta (ii) menguji pengaruh persepsi kesejahteraan guru dan motivasi menjadi guru terhadap kesiapan menjadi guru secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Penelitian dilakukan kepada mahasiswa FKIP Universitas Pasundan angkatan 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) tingkat persepsi mahasiswa terhadap kesejahteraan guru tergolong buruk, tingkat motivasi menjadi guru berada pada kategori cukup tinggi, dan kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru berada pada kategori tinggi, (ii) tidak terdapat pengaruh antara persepsi kesejahteraan guru terhadap kesiapan menjadi guru, dilihat dari nilai sig. 0,128 > 0,05; namun terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi menjadi guru terhadap kesiapan menjadi guru dilihat dari nilaisig.0,000 < 0,05; dan terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara persepsi kesejahteraan guru dan motivasi menjadi guru terhadap kesiapan menjadi guru. Hasil penelitian ini menyarankan adanya peningkatan kesejahteraan guru di Indonesia oleh pemerintah. Hal ini diharapkan dapat mengubah persepsi dan membentuk kesiapan mahasiswa untuk berprofesi sebagai guru. Selain itu, untuk instansi pendidikan, disarankan untuk melengkapi mahasiswa dengan keterampilan di luar bidang pendidikan, agar lulusan lebih siap bersaing di dunia kerja. Kata kunci: persepsi kesejahteraan guru, motivasi menjadi guru, kesiapan menjadi guru
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 08:20 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 08:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |