PENGARUH STRATEGI SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW (SQ3R) BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperiment Peserta didik kelas IV di SDN 033 Asmi Bandung)

KURNIA VINA NENDEN, 215060120 (2025) PENGARUH STRATEGI SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW (SQ3R) BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperiment Peserta didik kelas IV di SDN 033 Asmi Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (126kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (943kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (684kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kelas yang hanya mencapai 57, maka dari itu peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pada kemampuan membaca pemahaman menggunakan Strategi SQ3R. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen, dan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari 28 peserta didik kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan 28 peserta didik kelas IV C sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan strategi SQ3R berbantuan media Canva berjalan efektif, ditandai dengan keterlibatan aktif peserta didik dan peningkatan hasil belajar. Terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest kedua kelas. Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 60,54 dan meningkat menjadi 83,04 pada posttest, sementara kelas kontrol dari 55,71 menjadi 76,96. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman diperkuat oleh hasil uji N-Gain, yaitu 57% pada kelas eksperimen dan 48% pada kelas kontrol. Selain itu, hasil uji effect size sebesar 0,686 menunjukkan pengaruh dalam kategori sedang. Dengan demikian, penerapan strategi SQ3R berbantuan media Canva terbukti memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Kata kunci: Kemampuan membaca pemahaman, media Canva, siswa sekolah dasar strategi survey, question, read, recite and review (sq3r)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:57
Last Modified: 11 Aug 2025 03:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77655

Actions (login required)

View Item View Item