PENGGUNAAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SEL-EFFICACY SISWA SMP

FAZLIANA NAILA NASWA, 215050027 (2025) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SEL-EFFICACY SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (255kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (293kB)
[img] Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (243kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (791kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
16. DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang memperoleh model Problem-based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) apakah self-efficacy peserta didik yang memperoleh model Problem-based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy peserta didik yang memperoleh model Problem-based Learning berbantuan Quizizz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperiment. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang memperoleh model Problem-based Learning berbantuan Quizizz, dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang memperoleh model konvensional di SMPN 1 Parongpong. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy. Teknik analisis data tes kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji dua rerata (uji-t), sedangkan teknik analisis data angket self-efficacy menggunakan uji Mann-Whitney yang diolah menggunakan bantuan software IBM SPSS Statistics 23 for Windows. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang memperoleh model Problem-based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) self-efficacy peserta didik yang memperoleh model Problem-based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan Self-efficacy peserta didik yang memperoleh model Problem-based Learning berbantuan Quizizz. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Efficacy, Model Problem-Based Learning, Quizizz

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:41
Last Modified: 11 Aug 2025 03:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77653

Actions (login required)

View Item View Item