Nasyifah Raissa Yaffa, 215040001 (2025) Pembelajaran Sistem Ekskresi Berbantuan Platform Digital Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pasundan 3 Bandung. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
| 
              
Text
 COVER.pdf Download (409kB)  | 
          |
| 
              
Text
 PENGESAHAN.pdf Download (997kB)  | 
          |
| 
              
Text
 ABSTRAK.pdf Download (280kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB I.pdf Download (313kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB II.pdf Download (809kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (832kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB)  | 
          |
| 
              
Text
 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB)  | 
          
Abstract
Rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran biologi disebabkan oleh penggunaan istilah asing dan keterbatasan media digital, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengukur seberapa besar peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sistem ekskresi berbantuan platform digital wordwall. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Instrumen tes berupa pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar dan kuesioner untuk mengukur motivasi belajar peserta didik. Populasi penelitian ini adalah peserta didik XI IPA SMA Pasundan 3 Bandung, dengan sampel kelas XI IPA II melalui purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dengan hasil 39% Sangat Tinggi dan 61% tinggi dan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik menunjukkan peningkatan 59 menjadi 88 dengan N-Gain didominasi sedang serta pada taraf signifikasi 0,05 menunjukkan signifikasi bahwa penggunaan platform digital wordwall efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan tingkat kepuasan kepada penggunaan wordwall tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan platform digital wordwall dalam pembelajaran khususnya sistem ekskresi diterima dengan baik oleh peserta didik dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang terlihat juga dengan peningkatan hasil belajar peserta didik. Disarankan bagi penelitian selanjutnya untuk mengeksplorasi lebih lanjut platform digital wordwall dalam pembelajaran di kelas. Kata Kunci : Hasil Belajar, Motivasi, Sistem Ekskresi, dan Wordwall.
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) | 
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025 | 
| Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni | 
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 06:24 | 
| Last Modified: | 08 Aug 2025 06:24 | 
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77643 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
        