PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK SD

NURAZIZAH DEVI RAHMAWATI, 215060116 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (31kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (838kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di SDN Cangkuang 08. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran proses model problem based learning berbantuan media quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik (2) untuk mengetahui pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model problem based learning berbantuan media quizizz lebih baik dari pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model problem based learning berbantuan media quizizz lebih tinggi dari pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group. Subjek penelitian berjumlah 50 peserta didik yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, maka nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 91% dan kelas control sebesar 85%. Dan hasil uji t dua sampel bebas menunjukkan perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi 2-tailed 0,005 < 0,05, HO ditolak dan H1 diterima. Artinya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model problem based learning berbantuan media quizizz lebih baik dari pada peserta didik yang menggunakan model konvensional. Hasil uji n-gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen dengan nilai 80% sedangkan kelas kontrol dengan nilai 67% artinya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model problem based learning berbantuan media quizizz lebih tinggi dari pada peserta didik yang menggunakan model konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sekolah dasar yang menggunakan model problem based learning berbantuan media quizizz. Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematis, Model Problem Based Learning, Media Quizizz.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:25
Last Modified: 07 Aug 2025 07:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77637

Actions (login required)

View Item View Item