PENGARUH MODEL COOPERATIVE TIPE STAD BERBASIS GAMES BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI IPAS

Sofyan Gita Indrianti, 215060100 (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE TIPE STAD BERBASIS GAMES BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI IPAS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (627kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV SDN 268 Panyileukan, Kota Bandung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative tipe STAD berbasis Games Based Learning terhadap hasil belajar pada materi IPAS dengan peserta didik yang menggunakan model konvesional. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan jenis penelitian nonequivalent control group design dengan pemberian soal pre-test dan post-test. Sampel penelitian ini berjumlah 55 peserta didik yang terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative tipe STAD berbasis Games Based Learning dan model pembelajaran konvesional yang berjalan sesuai dengan tahapannya terdapat peningkatan hasil belajar IPAS yang diperoleh peserta didik dalam menggunakan model Cooperative tipe STAD berbasis Games Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model konvesional, serta terdapatnya pengaruh model Cooperative tipe STAD berbasis Games Based Learning mencapai nilai 1.032 dalam uji effect size dapat dikategorikan sangat efektif dan tinggi dalam pembelajarannya. Kata Kunci: Cooperative tipe STAD, Games Based Learning, Hasil Belajar IPAS.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:09
Last Modified: 07 Aug 2025 07:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77636

Actions (login required)

View Item View Item