FATIMAH SYAILA NUR, 215060122 (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA FLIPBOOK DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperiment pada peserta didik kelas IV SDN 037 Sabang Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (895kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca kritis peserta didik di SDN 037 Sabang serta kurangnya inovasi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses penerapan, perbedaan, peningkatan, dan pengaruh model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media flipbook digital terhadap kemampuan membaca kritis peserta didik kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian berjumlah 54 peserta didik, terdiri dari kelas IV C sebagai kelas eksperimen dan IV D sebagai kelas kontrol, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Gambaran proses penerapan model CIRC menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran berlangsung sistematis dan terstruktur. Pada tahap perencanaan, peneliti menyusun perangkat ajar, lembar observasi, dan instrumen tes. Saat pelaksanaan, pendidik memfasilitasi aktivitas kelompok, diskusi, serta penyusunan ringkasan bacaan secara kolaboratif. Suasana kelas eksperimen berlangsung kondusif dan interaktif, dengan partisipasi aktif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 50,33 meningkat menjadi 86,48 pada posttest, sedangkan kelas kontrol dari 48,41 menjadi 76,89. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,046 (< 0,05), N-Gain sebesar 79,60 (kategori tinggi), dan effect size sebesar 1,90 (kategori besar). Dengan demikian, terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model CIRC berbantuan flipbook digital terhadap peningkatan kemampuan membaca kritis peserta didik. Kata Kunci: cooperative integrated reading and composition (CIRC), flipbook digital, kemampuan membaca kritis, sekolah dasa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 06:50 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 06:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77631 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |