DITA SELMA, 215060019 (2025) P E N G A R U H M O D E L C O O P E R AT I V E L E A R N I N G BERBANTUAN MEDIA BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Experiment Kelas IV SDN Arjasari 01). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
12. BAB I.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
13. BAB II.pdf Download (603kB) |
![]() |
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
![]() |
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) |
![]() |
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
![]() |
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan narasi peserta didik kelas IV SDN Arjasari 01. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning tipe Picture and Picture berbantuan media Baamboozle terhadap kemampuan menulis karangan narasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas IV A yang berjumlah 37 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang berjumlah 37 peserta didik sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini ditandai dengan perbedaan dan peningkatan pada hasil pretest dan posttest. Pada pretest kelas eksperimen mencapai nilai rata-rata sebesar 56,89 kemudian meningkat pada posttest menjadi 80, 95. Sedangkan, pada kelas kontrol hanya mendapatkan rata-rata skor pretest sebesar 49,86 dan rata-rata skor posttest sebesar 64,46. Selain itu, peningkatan dalam penelitian ini dapat dilihat dari hasil uji N-Gain yaitu sebesar 53,76% pada kelas eksperimen dan 26,70% pada kelas kontrol. Sementara itu, hasil uji effect size menunjukkan bahwa model Cooperative Learning tipe Picture and Picture berbantuan media Baamboozle memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis karangan narasi peserta didik dengan diperoleh nilai effect size sebesar 1,025 yang termasuk ke dalam kategori efek besar. Oleh karena itu, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis karangan narasi peserta didik dapat ditingkatkan dengan model Cooperative Learning tipe Picture and Picture berbantuan media Baamboozle. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Karangan Narasi, Cooperative Learning tipe Picture and Picture, Baamboozle, Peserta Didik Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 06:27 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 06:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77627 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |