PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD

HANIFAH,NURUL, 215060089 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (598kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment, dan desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV SDN Cengkong 3. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, pretest, posttest, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, uji effect size dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari uji hipotesis diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Quizizz dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Direct Learning. Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Quizizz dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Direct Learning, hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 64,30 dan ratarata posttest sebesar 83,20. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 62,90 dan rata-rata posttest sebesar 76,00. Berdasarkan hasil effect size, memiliki pengaruh sebesar 0,974 terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:14
Last Modified: 07 Aug 2025 06:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77626

Actions (login required)

View Item View Item