PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENULIS TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 NAGREG

Sukma Indah Melati, 215030011 (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENULIS TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 NAGREG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami materi menulis teks berita yang menjadi latar belakang penelitian ini. Salah satu yang menjadi faktor rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks berita adalah pembelajaran yang tidak perpusat pada peserta didik dan gaya belajar peserta didik sehingga pembelajaran cenderung monoton dan tidak menarik. Maka dari itu penulis melaksanakan penelitian menggunakan metode diferensiasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran dengan menggunakan metode diferensiasi pada peserta didik kelas XI SMAN 1 Nagreg, untuk menguji kemampuan peserta didik dalam menulis teks berita sesuai dengan struktur, unsur, dan kaidah kebahasaan, serta menguji perbedaan kemampuan menulis teks berita. Metode penelitian ini yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif jenis penelitian Nonequivalent control group design Quasi Experimental Design dan subjek penelitian terdiri dari 2 kelas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis teks berita, dibuktikan dengan skor sebesar merencanakan 4,00 dan melaksanakan 3,9 dengan kategori sangat baik, 2) kemampuan peserta didik dalam menulis teks berita mengalami peningkatan yang signifikan, dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen pada prates 58,1 dan pascates 87,3, dan kelas kontrol pada prates 46,6dan pascates 86,5, 3) terdapat pebedaan dalam metode diferensiasi digunakan pada pembelajaran menulis teks berita dengan dibuktikan pemerolehan nilai uji Independen Sample t Test menunjukkan sig dari uji tersebut adalah 0,05 < 0,05., terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci: pembelajaran, menulis, teks berita, metode, diferensiasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Aug 2025 09:06
Last Modified: 06 Aug 2025 09:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77616

Actions (login required)

View Item View Item