Prayogi Dewa Ramadhani, 195060034 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA KELAS IV SDN RANCAMANYAR 03 KAB.BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (690kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (839kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (667kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya pemahaman konsep ips siswa di SDN 03 Rancamanyar dikarenakan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Guru belum ahli dalam mengaplikasikan model-model pembelajaran sehingga menyebabkan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan siswa lambat dalam memahami pelajaran. Oleh karena itu, diperlukan inovasi baru dalam pembelajaran dengan salah satunya menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep ips siswa di kelas IV SDN 03 Rancamanyar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest yang dijadikan sebagai data hasil pemahaman konsep. Sampel yang digunakan yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji gain ternormalisasi, yang dibantu dengan software IBM SPSS Statistic 26. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning dan gambaran proses pembelajaran siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, terdapat perbedaan hasil antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, terdapat peningkatan hasil pemahaman di kelas eksperimen sebanyak 73% dan 32% di kelas kontrol melalui uji n-gain, dan terdapat pengaruh model Problem Based Learning sebesar 0,79. Dengan demikian model Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh besar terhadap pemahaman konsep siswa di kelas IV SDN 1 Rancamanyar. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Pemahaman Konsep IPS SD
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 08:52 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 08:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |