PENGARUH MODEL INKUITI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 128 HAUR PANCUH TAHUN PELAJARAN 2024/2025 (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas V pada mata pelajran IPA Sekolah Dasar Negri 128 Haur Pancuh Kota Bandung)

ZAWIYAH SITI, 195060084 (2025) PENGARUH MODEL INKUITI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 128 HAUR PANCUH TAHUN PELAJARAN 2024/2025 (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas V pada mata pelajran IPA Sekolah Dasar Negri 128 Haur Pancuh Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (60kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dibelakangi dengan proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru saja dengan mengunakan model pembelajaran yang kurang meksimal, sehingga menyebabkan siswa tidak dapat merumuskan masalah, menganalisis argumen, menanyakan dan menjawab pertanyaan pada saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan model penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan quasi eksperimen. Dengan penelitian yang digunakan pretest dan posttest control group design. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V-A dan siswa kelas V-B SDN 128 Haur Pancuh yang mansing – mansing berjumlah 25 orang. Instrumen penelitian menggunakan pretest dan posttest berupa soal esay yang berjumlah 8 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas. Uji t, uji N-gain, dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata – rata kelas eksperimen lebih besar disbanding kelas kontrol. Nilai rata – rata kelas eksperimen yaitu 85,2 dan nilai rata – rata kelas kontrol 70. Hasil perhitungan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh model Inkuri sangat berpengaruh, terlihat dari hasil uji N-gain yang telah dilakukan yaitu penbagian skor N-gain mencapai 0,70 % termasuk dalam katagori peningkatan kemampuan belajar siswa efektif. Data ini dilihat dari hasil uji effect size yang telah dilakukan, nilai uji effect size mencapai 1,22 dan termasuk dalam katagori sangat tinggi. Dara data yang telah diperoleh tersebut maka model Inkuiri berpengaruh sangat tinggi terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Inkuir, Hasil Belajar,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Aug 2025 08:46
Last Modified: 06 Aug 2025 08:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77613

Actions (login required)

View Item View Item