ARIFIN SAFANA AULIA ZAHRA, 215020037 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 17 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (719kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) |
Abstract
Peningkatan kemampuan berfikir kritis dapat diupayakan dengan berbagai cara salah satunya dengan penerapan model pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji bagaimana pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan media wordwall untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa baik pada kelas eksperimen maupun kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Lokasi penelitian terletak di SMA Negeri 17 Bandung, dengan objek penelitian kelas X-D sebagai kelas eksperimen dan X-A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu lembar soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dilihat dari rata-rata skor pretest sebesar 48,58 dan rata-rata skor posttest sebesar 78,37 terdapat peningkatan sebesar 29,79 poin dan jika di presentase kan mengalami peningkatan sebesar 61%. Hal yang sama terjadi pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dilihat dari rata-rata nilai pretest dan posttest, rata-rata skor pretest sebesar 47,24 dan rata-rata skor posttest sebesar 61,20 terdapat peningkatan sebesar 13,96 dan jika di presentase kan mengalami peningkatan sebesar 30%. Berdasarkan uji effect size didapatkan nilai cohen’s d sebesar 2,79, yang artinya model problem based learning berbantuan media wordwall memiliki pengaruh yang sangat tinggi. Penelitian ini memberikan manfaat kepada beberapa pemangku kepentingan, bagi sekolah dapat mengintegrasikan model PBL berbantuan media wordwall dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari, guru dapat mengembangkan dan mengadaptasi model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi pelajaran guna mencapai hasil belajar yang optimal, bagi siswa dapat turut lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci : Problem Based Learning, Wordwall, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 03:59 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 03:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77603 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |