PENERAPAN METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY BERBANTUAN MEDIA LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS XI SMAN 1 SOREANG

Affriandi Muhammad Rafi Rizqi, 205030112 (2025) PENERAPAN METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY BERBANTUAN MEDIA LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS XI SMAN 1 SOREANG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (53kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penyelidikan ini tujuannya untuk mengkaji penerapan metode Team Assisted Individually (TAI) yang berbantuan media Lectora Inspire dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita di murid kelas XI SMAN 1 Soreang. Metode penyelidikan yang dipergunakan ialah quasi-eksperimen dengan desain kelompok kontrol serta eksperimen. Sampel penyelidikan terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak. Instrumen yang dipergunakan meliputi tes keterampilan menulis teks berita, lembar observasi, serta angket respons murid terhadap media pembelajaran. Hasil penyelidikan membuktikan bahwasanya penggunaan metode TAI berbantuan media Lectora Inspire bisa meningkatkan kecakapan murid dalam menulis teks berita secara signifikan dibandingkan dengan metode konvensional. Selain itu, murid memberikan respons positif terhadap penggunaan media Lectora Inspire yang dinilai menarik, interaktif, dan mempermudah pemahaman materi. Dengan demikian, metode TAI berbantuan media Lectora Inspire dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pembelajaran menulis teks berita. Kata kunci: metode Team Assisted Individually, Lectora Inspire, keterampilan menulis, teks berita, pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:24
Last Modified: 04 Aug 2025 08:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77602

Actions (login required)

View Item View Item