PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELFREGULATED LEARNING SISWA SMA MELALUI MODEL CORE-BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZWHIZZER

GEA,KEZYA FAOMASI, 215050018 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELFREGULATED LEARNING SISWA SMA MELALUI MODEL CORE-BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZWHIZZER. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (402kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh model CORE-Based Learning berbantuan QuizWhizzer lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) Untuk mengetahui Self-regulated Learning siswa yang memperoleh model CORE-Based Learning berbantuan QuizWhizzer lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) Untuk mengetahui terdapat korelasi positif antara kemampuan penalaran matematis dan Self-regulated Learning siswa yang memperoleh model CORE-Based Learning berbantuan QuizWhizzer; dan 4) Mengetahui efektivitas model CORE Based Learning berbantuan QuizWhizzer terhadap peningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan non-equivalent control group. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X SMAN 17 Bandung dengan sampel penelitian menggunakan 2 kelas yaitu kelas X-G sebagai kelas eksperimen dan kelas X-F sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes uraian untuk mengukur kemampuan penalaran matematis dan non-tes angket Self-regulated Learning. Instrumen divalidasi dan diujicobakan, hasilnya dinyatakan valid dan memenuhi kualitas kelayakan soal yang baik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t, uji korelasi, dan uji efektifvitas dibantu oleh IBM SPSS 23 for Windows dan situs Good Calculator. Hasil Penelitian menunjukan: 1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh model CORE-Based Learning berbantuan QuizWhizzer lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) Selfregulated Learning siswa yang memperoleh model CORE-Based Learning berbantuan QuizWhizzer lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan penalaran matematis dan Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model COREBased Learning berbantuan QuizWhizzer; dan 4) Efektivitas model CORE-Based Learning berbantuan QuizWhizzer terhadap peningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa berkategori sedang. Kata Kunci: CORE-Based Learning, Kemampuan Penalaran Matematis, SelfRegulated Learning, QuizWhizzer.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:01
Last Modified: 04 Aug 2025 08:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77597

Actions (login required)

View Item View Item