Istofa Nada Yaspin, 215020049 (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Pasundan 2 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran pada materi otoritas jasa keuangan dan bank mata pelajaran ekonomi di SMA Pasundan 2 Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Pasundan 2 Bandung, tahun ajaran 2024/2025, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X-I sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pretest dan posttest, dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab permasalahan tersebut menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar siswa dimana pada kelas eksperimen skor pretest yaitu 56,1 dan skor posttest yaitu 71,2 sedangkan pada kelas kontrol skor pretest yaitu 52,0 dan skor posttest yaitu 60.7. Meningkatnya hasil belajar dengan pengujian hipotesis dapat dilihat bahwa nilai signifikansi sebesar 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 yang artinya hipotesis yang berbunyi terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek siswa pada materi otoritas jasa keuangan mata pelajaran ekonomi meningkat sebesar 13,3. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru alangkah baiknya untuk dapat menggunakan model pembelajaran yang bervariatif dalam pelaksanaan pembelajaran. Bagi pihak sekolah diharapkan meningkatkan fasilitas penunjang pembelajaran. Bagi siswa diharapkan dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan aktif dalam pembelajaran. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasi Proyek, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:46 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |