AMBAR FENNY MARDIAN, 215060101 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 162 Warung Jambu). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (461kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (742kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (941kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Canva terhaadap rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, sehingga kurangnya keaktifan peserta didik pada proses pembelajaran, Fokus penelitian mencangkup tiga hal utama, gambaran proses pembelajaran dengan model PBL berbantuan Canva, peningkatan hasil belajar peserta didik, serta pengaruh penggunaan model PBL terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan perlakuan dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen. Nilai rata-rata pretest di kelas eksperimen adalah 55,75 dan meningkat menjadi 82,75 pada posttest. Sementara, kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 49,75 dan posttest 76,50. Uji hipotesis menggunakan Independent Sampel t-test yang menghasilkan nilai signifikan sebesar 0,032 (<0,05) yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model PBL berbantuan media Canva terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Dengan demikian, model pembelajaran PBL berbantuan media Canva efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS dan dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran inovatif di sekolah dasar. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Media Canva, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 06:41 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 06:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77578 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |