PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 162 Warung Jambu)

AMBAR FENNY MARDIAN, 215060101 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 162 Warung Jambu). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (203kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (461kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (742kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Canva terhaadap rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, sehingga kurangnya keaktifan peserta didik pada proses pembelajaran, Fokus penelitian mencangkup tiga hal utama, gambaran proses pembelajaran dengan model PBL berbantuan Canva, peningkatan hasil belajar peserta didik, serta pengaruh penggunaan model PBL terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan perlakuan dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen. Nilai rata-rata pretest di kelas eksperimen adalah 55,75 dan meningkat menjadi 82,75 pada posttest. Sementara, kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 49,75 dan posttest 76,50. Uji hipotesis menggunakan Independent Sampel t-test yang menghasilkan nilai signifikan sebesar 0,032 (<0,05) yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model PBL berbantuan media Canva terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Dengan demikian, model pembelajaran PBL berbantuan media Canva efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS dan dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran inovatif di sekolah dasar. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Media Canva, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Jul 2025 06:41
Last Modified: 31 Jul 2025 06:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77578

Actions (login required)

View Item View Item