PENGARUH PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBANTUAN SMART BOX TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPAS PESERTA DIDIK SD KELAS III

Lestari Evita Dewi, 215060115 (2025) PENGARUH PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBANTUAN SMART BOX TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPAS PESERTA DIDIK SD KELAS III. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
ASBTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan media Smart Box terhadap pemahaman konsep IPAS pada peserta didik kelas III di SDN 128 Haurpancuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian pre-test dan post-test. Sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas III. Proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan pendekatan CTL berbantuan Smart Box menunjukkan bahwa metode ini mampu menciptakan suasana belajar yang lebih efektif, menyenangkan, dan bermakna bagi peserta didik. Untuk menguji pengaruhnya, peneliti menggunakan uji Independent Sample T-test. Hasil uji tersebut menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai effect size sebesar 1,163 yang dikategorikan tinggi. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep IPAS peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, sesuai dengan pengambilan keputusan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Smart Box terbukti memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep IPAS pada Peserta didik kelas III SD. Kata Kunci: CTL, Smart Box, IPAS, Pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Jul 2025 01:30
Last Modified: 31 Jul 2025 01:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77572

Actions (login required)

View Item View Item