Nurizka Pravita, 215060080 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DI KELAS III SD (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Peserta didik Kelas III SDN 113 Banjarsari Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (783kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (756kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS di topik C mengenai nilai-nilai tradisi yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas III SDN 113 Banjarsari. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment dan desain nonequivalent control group. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi serta dokumentasi. Teknik pengolahan data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji gain ternormalisasi, dan uji effect size. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III, dengan teknik pure positive sampling. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas III F sebagai kelas eksperimen dan kelas III A sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 28 peserta didik. Perlakuan pada kelas eksperimen berupa penerapan model Inquiry berbantuan media Wordwall. Hasil studi menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inquiry berbantuan media Wordwall memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan keaktifan serta antusias peserta didik dan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 71,42 pada pretest menjadi 85,32 pada posttest. uji hipotesis menggunakan rumus Independent Sample T-test menujukkan pada nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.001 < 0,05. maka dapat disimpulkan bahwa H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiry memiliki pengaruh terhadap hasil belajar IPAS pada kelas eksperimen. Uji N-gain menghasilkan nilai 70,71 dan uji effect size menunjukkan nilai 0,95 yang masuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inquiry berbantuan media wordwall menunjukkan adanya perubahan positif terhadap peserta didik Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiry, Media Wordwall , Hasil belajar IPAS, SDN 113 Banjarsari Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 01:25 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 01:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77571 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |