PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD

AZ-ZAHRA AUFA SAKINA, 215060024 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (267kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (300kB)
[img] Text
9. ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text
10. ABSTRACT.pdf

Download (200kB)
[img] Text
11. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf

Download (774kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, banyak siswa yang tidak menyukai pembelajaran matematika karena bagi mereka matematika adalah pembelajaran yang menyulitkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model project based learning berbantuan aplikasi wordwall dengan membandingkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek dari penelitian ini yakni siswa kelas II SD Negeri 1 Cipeundeuy, sedangkan objeknya adalah kelas II B dan II C, kelas tersebut dipilih menggunakan teknik purposive sampling dimana atas pertimbangan para guru dari pihak sekolah dan setelah diuji kelas tersebut juga memiliki tingkat kemampuan pehamahan konsep matematika yang setara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian tipe Quasi Eksperiment dan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Pretest, posttest dan lembar observasi adalah metode pengumpulan data yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji t dua sampel bebas menunjukkan perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol; dengan nilai signifikansi 2-tailed 0.042 < 0.05, Ho ditolak dan H1 diterima. Ini menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan model project based learning berbantuan aplikasi wordwall dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika yang berbeda. Hasil uji n-gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen bernilai 66% sedangkan pada kelas kontrol bernilai 22%, artinya kelas yang menggunakan model project based learning berbantuan aplikasi wordwall memiliki peningkatan yang lebih besar daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Sementara itu, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model project based learning berbantuan aplikasi wordwall digunakan uji regresi linear sederhana dan mendapatkan nilai 0.048 < 0,05. Jika dilihat dari thitung > ttabel dapat di hasilkan 2,087 > 2,069. Maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan model project based learning berbantuan aplikasi wordwall memiliki perbedaan dengan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Penggunaan model project based learning berbantuan aplikasi wordwall juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap siswa. Kata Kunci: Kemampuan pemahaman konsep matematika, model project based learning dan aplikasi wordwall.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Jul 2025 06:25
Last Modified: 28 Jul 2025 06:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77130

Actions (login required)

View Item View Item