Rosdiana, 215030002 (2025) PENERAPAN METODE EMOTIONAL SPIRITUAL THERAPHY BERBANTUAN MEDIA APLIKASI KARYAKARSA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN YANG BERFOKUS PADA PENGEMBANGAN GAYA BAHASA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK 45 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (986kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (614kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (559kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (828kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (510kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis pada pembelajaran teks cerpen. Salah satu yang menjadi faktor rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks cerpen yaitu di sekolah pendidik masih kurang inovatif dan kreatif dalam penggunaan metode serta media sehingga membuat peserta didik kurang berminat untuk menulis cerpen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran serta mengkaji perbedaan kemampuan peserta didik dalam menulis teks cerpen pada kelas eksperimen yang menggunakan metode Emotional Spiritual Theraphy berbantuan aplikasi KaryaKarsa dan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, dengan desain Quasi Experimental. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan kemampuan menulis teks cerpen antara peserta didik kelas eksperimen dengan peserta didik kelas kontrol. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil signifikan Indenpendent Sample Test. Hasil sig. uji tersebut adalah 0.000 < 0.05. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata hasil prates kelas eksperimen sebesar 59,1 dan nilai ratarata pascates kelas eksperimen sebesar 86,6. Nilai rata-rata prates kelas kontrol sebesar 53,6 dan rata-rata pascates kelas kontrol sebesar 72,3. Pada kelas eksperimen terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 27,5, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 18,7. Dengan demikian pembelajaran yang dilaksanakan berhasil dengan baik. Kata kunci: Metode Emotional Spiritual Theraphy, media aplikasi KaryaKarsa, menulis, teks cerpen
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 07:00 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 07:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77126 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |