LARISA ERINNA, 215050015 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (697kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
12. BAB I.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
13. BAB II.pdf Download (470kB) |
![]() |
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
![]() |
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
![]() |
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis peserta didik tergolong dalam kategori rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mengetahui Peningkatan Kemampuan Matematis antara siswa yang belajar dengan model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional; 2)Mengetahui Self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) Mengetahui korelasi antara Kemampuan Komunikasi Matematis dan Selfefficacy siswa dari yang menggunakan dan tidak menggunakan model ProblemBased Learning berbantuan Quizizz terhadap siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini berjumlah 32 orang dimana 31 peserta didik X.2 yang memperoleh perlakuan Problem-Based Learning berbantuan Quizizz dan 31 peserta didik X.1 yang memperoleh perlakuan Discovery Learning di SMA Al-Hadi Kota Bandung Tahun 2024/2025. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes untuk meneliti kemampuan komunikasi matematis dan instrumen non tes untuk mengetahui skala self-efficacy peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t independen untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, didapatkan kesimpulan: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih tinggi daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. 2) Self-efficacy peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 3) Terdapat korelasi postif yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Efficacy, Model ProblemBased Learning, Quizizz
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:58 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 07:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |