PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD

WULANDARI CINDY, 215060049 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (203kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (546kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (922kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN 2 Cibodas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan wordwall dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan wordwall dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional, dan (3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan wordwall terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 50 peserta didik yang terbagi ke dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 25 peserta didik dan kelas kontrol sebanyak 25 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa (1) gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan wordwall berjalan baik sesuai sintaks dengan rata-rata hasil aktivitas guru dan peserta didik sebesar 87% dan gambaran proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran konvensional berjalan dengan baik sesuai sintaks dengan rata-rata hasil aktivitas guru dan peserta didik sebesar 85,5%. (2) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan wordwall dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan (3) terdapat pengaruh pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan wordwall dengan nilai 1,059 dalam uji effect size dengan kategori tinggi. Kata Kunci: Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), Aplikasi Wordwall, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:30
Last Modified: 23 Jul 2025 02:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77118

Actions (login required)

View Item View Item