ANALISIS KOMPETENSI PRAGMATIK PADA IMPLIKATUR PERCAKAPAN FILM MIRACLE IN CELL NO. 7 KARYA HANUNG BRAMANTYO DALAM PROSES MENGEVALUASI GAGASAN TEKS RESENSI SMK KELAS XI

Pramesta,Vinkan Regina, 215030004 (2025) ANALISIS KOMPETENSI PRAGMATIK PADA IMPLIKATUR PERCAKAPAN FILM MIRACLE IN CELL NO. 7 KARYA HANUNG BRAMANTYO DALAM PROSES MENGEVALUASI GAGASAN TEKS RESENSI SMK KELAS XI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi menganalisis film Miracle in Cell No.7 Karya Hanung Bramantyo karena melalui percakapan dan adegan-adegan para tokoh yang memainkan film ini kita dapat menentukan implikatur percakapan yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, peneliti menjadikan film ini sebagai objek penelitian dengan menggunakan pragmatik khususnya terkait implikatur percakapan. Dengan mengevaluasi gagasan teks resesnsi SMK kelas XI membelajarkan materi teks resensi perlu menerapkan inovatif dan penguasaan peneliti tentang materi teks untuk melihat pemahaman peserta didik dalam mengevaluasi gagasan teks resensi film. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data diantaranya teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik catat. Instrumen penelitian berupa daftar periksa, kuisioner/angket. Hasil menunjukan bahwa peneliti menemukan dua belas percakapan yang masuk pada implikatur percakapan konvensional dan nonkonvensional pada Film Miracle in Cell No.7. Analisis peserta didik terhadap implikatur percakapan menunjukan hasil tertinggi, sedang, dan terendah. Hasil tertinggi pada peserta didik ada 8 orang, sedang 21 orang, dan terendah 5 orang. Pada hasil mengevaluasi gagasan teks resensi film peserta didik tertinggi ada 3 orang, sedang ada 19 orang, dan terendah ada 12 orang. Pengerjaan siswa menunjukkan bahwa peserta didik belum sepenuhnya memahami implikatur percakapan dan kesulitan dalam merumuskan argumen dalam teks resensi. Kata Kunci: Implikatur Percakapan, Teks Resensi, Film

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:33
Last Modified: 21 Jul 2025 07:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77099

Actions (login required)

View Item View Item