PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Oktora R. Auriel Salsabila, 215060111 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (968kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik di SDN 01 Junti Girang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses diterapkannya model pembelajaran Problem based learning berbantuan media audiovisual dengan peserta didik yang menggunakan model konvesional terhadap hasil belajar IPAS, perbedaan rata - rata hasil belajar ipas peserta didik setelah menggunakan model Problem based learning berbantuan media audiovisual dengan peserta didik yang menggunakan model konvensional, dan pengaruh pembelajaran model Problem based learning berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media audiovisual dan model pembelajaran Konvensional yang berjalan lancar sesuai sintaks. Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar IPAS yang menggunakan model Problem Based Learning dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Terdapat pengaruh pada penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media audiovisual dengan nilai 1,521 dalam uji effect size dengan kategori tinggi. Kata Kunci: Problem Based Learning, Media Audiovisual, Hasil Belajar IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:17
Last Modified: 21 Jul 2025 07:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77091

Actions (login required)

View Item View Item