PENERAPAN MODEL PAIRED STORYTELLING DALAM MENANGGAPI TEKS CERITA PENDEK YANG DISIMAK MELALUI MEDIA AUDIO PODCAST PADA PESERTA DIDIK FASE F SMAN 12 BANDUNG

JULYANI REPANI, 215030049 (2025) PENERAPAN MODEL PAIRED STORYTELLING DALAM MENANGGAPI TEKS CERITA PENDEK YANG DISIMAK MELALUI MEDIA AUDIO PODCAST PADA PESERTA DIDIK FASE F SMAN 12 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (431kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan terkait rendahnya keterampilan menyimak peserta didik, terutama dalam memahami dan menanggapi teks cerita pendek yang disimak. Permasalahan ini disebabkan oleh kurangnya perhatian terhadap proses menyimak dan kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif oleh para pendidik. Tujuan dari penelitian ini mencakup beberapa hal yakni: (1) untuk mendeskripsikan kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menyimak teks cerita pendek dengan menerapkan model paired storytelling melalui media audio podcast pada peserta didik Fase F SMAN 12 Bandung; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam menyimak teks cerita pendek sebelum dan sesudah menggunakan model paired storytelling melalui meida audio podcast; (3) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara peserta didik kelas kontrol dan eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dan kelompok kontrol dengan rancangan tes awal dan tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model paired storytelling melalui media audio podcast dapat meningkatkan kemampuan peserta didikdalam menanggapi teks cerita pendek. Hasil pembelajaran peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. Nilai rata-rata prates eksperimen 63,81menjadi 83,50 pada pascates eksperimen, sedangkan kelas kontrol rata-rata prates 61,72 menjadi 71,67 pada pascates. Kata Kunci: Cerita pendek, Paired Storytelling, podcast.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Jul 2025 08:20
Last Modified: 18 Jul 2025 08:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77089

Actions (login required)

View Item View Item