Zariah, Riri Siti, 215030058 (2025) ANALISIS WACANA KRITIS PADA SERIES PODCAST BOCOR ALUS TEMPO BERBASIS MODEL VAN DIJK SEBAGAI BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPLANASI FASE F. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahan ajar yang cenderung konvensional, tidak kontekstual dan minim variasi, sehingga berdampak pada rendahnya minat serta kesulitan peserta didik dalam memahami dan memproduksi teks eksplanasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis struktur wacana dalam Podcast Bocor Alus Tempo episode “Reza Demo, Dulu Pendukung Berat Jokowi, Kini Punya Pesan Khusus” menggunakan teori Analisis Wacana Kritis Van Dijk, serta mengintegrasikan hasil analisis tersebut ke dalam bahan ajar teks eksplanasi yang aktual dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data berupa potongan dialog dalam podcast dan teknik analisis berdasarkan tiga dimensi Van Dijk, yakni dimensi teks, dimensi kognisi sosial dan dimensi konteks sosial. Hasil analisis menunjukkan bahwa dimensi teks didominasi oleh leksikon, metafora dan maksud untuk mengungkap kritik sosial terhadap kekuasaan, dimensi kognisi sosial membentuk ideologi perlawanan dan kesadaran kolektif terhadap praktik dinasti politik, sementara dimensi konteks sosial mencerminkan identitas narasumber sebagai figur publik yang bertanggung jawab secara moral dan konteks peristiwa berupa krisis kepercayaan terhadap institusi negara. Temuan sebanyak 249 data analisisi dengan distribusi 95 data dimensi teks, 76 data dimensi kognisi sosial dam 78 data dimensi konteks sosial. Hasil integrasi diwujudkan dalam dua teks eksplanasi yang kemudian dikembangkan ke dalam handout dan LKPD sebagai bahan ajar menulis teks eksplanasi. Hal ini menunjukkan bahwa integrasi hasil analisis wacana dapat memperkaya pembelajaran teks eksplanasi secara kontekstual dan aktual. Kata kunci: Analisis Wacana Kritis, Bahan Ajar Kontekstual, Podcast Bocor Alus Tempo, Teks Eksplanasi, Van Dijk
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:23 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77079 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |