Diningrat Rindam, 215060058 (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP RENDAHNYA BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Cicalengka V). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1 COVER.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
2 PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
6 ABSTRAK.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
8 BAB I.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
9 BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
10 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
![]() |
Text
11 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
12 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
![]() |
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, mengetahui adanya peningkatan, serta menganalisis pengaruh model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan Wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Cicalengka V dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian sebanyak enam soal, yang sebelumnya telah diuji coba pada kelas V. Data dikumpulkan melalui observasi serta tes kemampuan berpikir kritis (pretest dan posttest) yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan uji hipotesis dan perhitungan effect size menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 27. Selama proses pembelajaran, peserta didik di kelas eksperimen menunjukkan antusiasme dan semangat yang tinggi saat menggunakan model Cooperative Learning tipe NHT. Mereka menjadi lebih aktif dan berpartisipasi dalam kelompok, karena setiap anggota memiliki tanggung jawab berdasarkan nomor kepala masingmasing. Penggunaan media Wordwall turut membantu meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Cooperative Learning tipe NHT berbantuan Wordwall efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata nilai dari 57,81 menjadi 85,48. Sementara itu, kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional hanya mengalami peningkatan dari 38,60 menjadi 47,84. Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Pengaruh model pembelajaran tersebut terhadap kemampuan berpikir kritis dikategorikan dalam kategori besar, dengan nilai effect size sebesar 0,786. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis IPAS, Model Pembelajaran Cooperative Learning, Numered Head Together, Wordwall
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 08:46 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 08:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |