NAJWA ASHILA, 215030046 (2025) PENERAPAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT BERBANTU MEDIA FLIPHTML5 PADA PEMBELAJARAN MEMAHAMI KATA KONKRET DALAM TEKS PUISI FASE E. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (381kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
Abstract
Pemahaman terhadap kata konkret dalam teks puisi menjadi aspek penting dalam pembelajaran sastra, terutama dalam fase E Kurikulum Merdeka. Namun, peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami makna kata konkret akibat metode pembelajaran yang kurang interaktif dan minimnya penggunaan media digital. Hal ini berdampak pada rendahnya minat baca serta ketidakmampuan siswa dalam menangkap makna imajinatif puisi secara utuh. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dan mendalam.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peneliti dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran memahami kata konkret dengan model Concept Attainment berbantu media FlipHTML5. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model tersebut dan peserta didik yang diajar dengan model ekspositori, serta mengukur efektivitas media FlipHTML5 dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest, posttest, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Concept Attainment berbantu FlipHTML5 efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap kata konkret dalam puisi. Pembelajaran menjadi lebih menarik, aktif, dan bermakna, sejalan dengan tuntutan literasi di era digital. Kata kunci: Concept Attainment, FlipHTML5, kata konkret, puisi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi PRESENTATION |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:24 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 02:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77070 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |