PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SD

OLIVIA BELLA, 215060001 (2025) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (888kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi ialah Masih rendahnya hasil belajar matematika khususnya pada materi diagram batang peserta didik di SD Mathla’ul Khoeriyah, serta pembelajarannya masih berfokus kepada guru. Pembelajaran yang diperlukan sekarang ini harus berpusat kepada peserta didik, jadi peserta didik harus menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik SD. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe quasi eksperimental tipe non equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah 24 peserta didik kelas III-A (eksperimen) dan 24 peserta didik kelas III-B (kontrol) SDN Mathla’ul Khoeriyah. Perlakuan yang diberikan kepada kelas III-A (eksperimen) adalah model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual dan perlakuan yang diberikan kepada kelas III-B (kontrol) adalah model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest posttest dan lembar observasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji T, uji N-Gain, dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dan pengaruh antara kelas kontrol dan eksperimen. Hal ini terlihat dari uji T N-Gain diperoleh signifikasi 0,221 yang menunjukkan bahwa signifikasinya 0,221<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Terdapat pengaruh 0,543 yang tergolong sedang pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Media Audio Visual, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:35
Last Modified: 15 Jul 2025 07:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77062

Actions (login required)

View Item View Item