PADEMMUI SHAFA RAMADHANTI, 215060033 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (629kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
10. RINGKESAN.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
12. BAB I.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
13. BAB II.pdf Download (860kB) |
![]() |
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
![]() |
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
![]() |
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pada hasil belajar matematika peserta didik, banyak peserta didik yang tidak menyukai pembelajaran matematika karena bagi peserta didik matematika adalah mata pelajaran yang menyulitkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan Wordwall dengan membandingkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek dari penelitian ini adalah kelas III UPTD SDN 2 Penganjang, sedangkan untuk objeknya adalah kelas III A dan III B, kelas tersebut dipilih menggunkan teknik purposive sampling dan setelah di uji kelas tersebut memiliki tingkat hasil belajar matematika yang setara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode tipe Quasi Eksperiment dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design Pretest, Posttest dan lembar observasi adalah metode pengumpulan data yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, gambaran proses kelas eksperimen dan kelas kontrol sudah berjalan sesuai dengan sintaks model pembelajaran dan aspek yang terdapat di lembar observasi. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa nilai sig. 0,046 < 0,05. Dengan demikian H₀ ditolak dan H₁ diterima , menyatakan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning berbantuan Wordwall terhadap peningkatan hasil belajar matematika peserta didik. Ini menunjukkan bahwa peserta didik yang menggunakan model Project Based Learning berbantuan Wordwall memiliki pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar matematika. Hasil uji n-gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen bernilai 81% sedangkan pada kelas kontrol bernilai 40% artinya bahwa kelas yang menggunakan model Project Based Learning berbantuan Wordwall memiliki peningkatan yang lebih besar daripada kelas yang menggunakan model konvensional. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Project Based Learning dan Aplikasi Wordwall.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:29 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 07:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77059 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |