PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN WEBSITE RUMAH BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

LATIFAH ADRIYANI NURUL, 215060021 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN WEBSITE RUMAH BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (111kB)
[img] Text
2. PENGESEHAN.pdf

Download (634kB)
[img] Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
9. ABSTRACT.pdf

Download (243kB)
[img] Text
10. RINGKESAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (595kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik, banyak peserta didik yang tidak menyukai pembelajaran matematika karena bagi mereka matematika adalah pembelajaran yang menyulitkan dengan materi yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran, pengaruh dan peningkatan dari model Project Based Learning berbantuan website rumah belajar dengan membandingkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek dari penelitian ini yakni peserta didik kelas IV SD Negeri Pamoyanan, sedangkan objeknya adalah kelas IV A dan IV B, kelas tersebut dipilih menggunakan teknik sampel jenuh. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent control grup design. Pretest, posttest dan lembar observasi dalah metode pengumpulan data yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran proses pembelajaran peserta didik dengan menggunakan model Project Based Learning berbantuan website rumah belajar dan gambaran proses pembelajaran peserta didik dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu model Project Based Learning tanpa berbantuan apapun. Hasil uji n-gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 77% dengan kategori tinggi dan kelas kontrol yaitu 40% dengan kategori rendah. Untuk menghitung apakah terdapat pengaruh pada model Project Based Learning berbantuan website rumah belajar terhadap peningkatan hasil belajar matematika peserta didik yaitu dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dengan hasil 0.045 < 0.05, H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan menggunakan model Project Based Learning berbantuan website rumah belajar memiliki peningkatan dengan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Penggunaan model Project Based Learning berbantuan website rumah belajar juga memiliki pengaruh bagi peserta didik. Kata Kunci: Hasil Belajar Peserta Didik, Model Project Based Learning dan Website Rumah Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Jul 2025 06:56
Last Modified: 15 Jul 2025 07:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77058

Actions (login required)

View Item View Item