PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Kelas II di SDS Kasih Ananda I, Tanjung Priuk Jakarta Utara)

SUSILAWATI WIDIYANTI, 215060061 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Kelas II di SDS Kasih Ananda I, Tanjung Priuk Jakarta Utara). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (35kB)
[img] Text
PENGESAHAAN.pdf

Download (289kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik kelas II di SDS Kasih Ananda I Tahun ajaran 2024/2025. Bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model kooperatif tipe talking stick berbantuan media kartu gambar terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas II. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan Quasi Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group desaign. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di SDS Kasih Ananda I. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas II A berjumlah 30 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas II B berjumlah 30 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data diperoleh dengan rubrik penilaian keterampilan berbicara yang telah divalidasi yang menggunakan pendapat ahli (judgment expert). Oleh karena itu, data pada penelitian ini dilihat dari uji hipotesis pada Sig. (2-tailed) sebesar 0.001 < 0,05 dan pada uji gain kelas eksperimen 51% sedangkan kelas kontrol hanya 25%. Dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest dan nilai posttest pada kelas eksperimen dan kontrol, kelas eksperimen dengan rata-rata nilai pretest 59.16 dan kelas kontrol 64.16. Selain itu juga dapat dilihat dari nilai rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 72.5 dan kelas kontrol 58.83. Berdasarkan pada uji effect size yang diolah sebesar 1.403 dengan kategori tinggi. Oleh karena itu peneliti dapat menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan model kooperatif tipe talking stick berbantuan media kartu gambar sangat berpengaruh untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas II SDS Kasih Ananda I. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Talking Stick, Media Kartu Gambar, Keterampilan Berbicara, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:57
Last Modified: 15 Jul 2025 03:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77057

Actions (login required)

View Item View Item