DANIATI SINTIA, 215030030 (2025) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERORIENTASI KAIDAH KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SAUD (START, ACTION, UTILIZATION, DESTINATION) BERBANTUAN MEDIA FISHBONE DIAGRAM PADA PESERTA DIDIK FASE E SMA PASUNDAN 7 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (962kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (480kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis teks ekspossi peserta didik yang masih rendah. Hal ini disebabkan oleh anggapan bahwa menulis ketarampilan yang sulit, peserta didik kesulitan dalam mengembangkan ide dan gagasan, keterbatasan kosakata, pembelajaran cenderung merasa jenuh, dan penggunaan model pembelajaran yang monoton tanpa diiringi media. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini menerapkan model SAUD (Start, Action, Utilization, Destination) berbantuan media fishbone diagram yang mendorong kerjasama aktif dan motivasi antar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model SAUD (Start, Action, Utilization, Destination) berbantuan media fishbone diagram terhadap kemampuan meningkatkan kaidah kebahasaan pada pembelajaran menulis teks eksposisi. Penelitian ini mengukur kemampuan menulis teks eksposisi peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model SAUD (Start, Action, Utilization, Destination) berbantuan media fishbone diagram, serta menganalisis perbedaan kemampuan menulis peserta antara kelas eksperimen yang menggunakan model SAUD (Start, Action, Utilization, Destination) berbantuan media fishbone diagram dan kelas kontrol yang tidak menggunakan model SAUD (Start, Action, Utilization, Destination) berbantuan media fishbone diagram. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain true experimental pretestposttest control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan model SAUD (Start, Action, Utilization, Destination) berbantuan media fishbone diagram dengan nilai 3,68. 2) kondisi peserta didik sebelum diberi perlakuan model SAUD (Start, Action, Utilization, Destination) berbantuan media fishbone diagram. 3) kondisi peserta didik setelah diberi perlakuan model SAUD (Start, Action, Utilization, Destination) berbantuan media fishbone diagram. 4) perebdaan kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan model SAUD (Start, Action, Utilization, Destination) berbantuan media fishbone diagram. Hasil pembelajaran peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dari 65,87 menjadi rata-rata posttest 90,09, sedangkan kelas kontrol rata-rata pretest dari 60,46 menjadi ratarata posttest 70,90. Kata kunci: Menulis, Teks Eksposisi, SAUD (Start, Action, Utilization, Destination), Fishbone iagram
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 04:50 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 04:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |