PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

FAHLEVI DEFANY B., 215060059 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text
9. ABSTRACT.pdf

Download (50kB)
[img] Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (50kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (524kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (714kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV yang masih rendah, sehingga pencapaian kemampuan berpikir kritis matematika siswa masih banyak yang belum mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Quizizz terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Penelitian ditujukan kepada peserta didik kelas IV di SDN 020 Lengkong Besar Kota Bandung. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 020 Lengkong Besar. Sampel penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data dengan menghitung uji hipotesis dan uji n-gain dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26.0. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, kemampuan akhir berpikir kritis matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Quizizz lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model konvensional. Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dari hasil uji gain yaitu 0,66 dengan kategori peningkatan sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Quizizz dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik Sekolah Dasar sekitar 66%. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning (PBL), Quizizz, Peserta Didik Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Jul 2025 06:35
Last Modified: 11 Jul 2025 06:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77042

Actions (login required)

View Item View Item