FAHRA NABILLAH PUTRI ADINDA, 215060043 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN APLIKASI BAAMBOOZLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK SD (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas V SDN 188 Bandung Baru). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
11. BAB I.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
![]() |
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
![]() |
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
![]() |
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 188 Bandung Baru Kota Bandung, dilatarbelakangi dengan pemahaman konsep IPA peserta didik yang masih kurang ditandai dengan hasil ulangan harian IPA mayoritas peserta didik memiliki nilai dibawah KKTP. Selain itu pembelajaran IPAS kurang melibatkan peserta didik saat proses pembelajaran, dan terfokus pada buku teks peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep IPA melalui model pembelajaran Team GamesTournament (TGT) berbantuan aplikasi Baamboozle dalam pembelajaran IPAS dengan materi organ pernapasan dan pencernaan. Melalui pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat gambaran proses pembelajaran pada kelas eksperimen sebesar bagi peserta didik sebesar 91,5% dan pendidik 96,2% berkategori sangat baik dan kelas kontrol peserta didik 88,88% serta pendidik 98,82% berkategori sangat baik. Adapun hasil perhitungan uji hipotesis Mann-Whitney kedua kelas menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,003, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat nilai rata-rata kelas eksperimen 82,31 > rata rata kelas kontrol 66,00 dengan besar perbedaan 16,31%. Selain itu terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep IPA kelas eksperimen yang diberi perlakuan sebesar 61,8% sedangkan kelas kontrol hanya sebesar 27%. Kemudian hasil perngaruh model pembelajaran TGT berbantuan aplikasi Baamboozle terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA yaitu sebesar 2.16 berkategori sangat besar. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan aplikasi Baamboozle dapat dijadikan salah satu model dan media pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Team Games Tournament, Baamboozle, Pemahaman Konsep IPA, IPAS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 06:15 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 06:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77037 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |