PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DI SEKOLAH DASAR

Anggriani Wenny Riski, 215060064 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (274kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (215kB)
[img] Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (281kB)
[img] Text
9. ABSTRACT.pdf

Download (282kB)
[img] Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (282kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (517kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 193 Caringin yang dilatar belakangi dengan rendahnya hasil belajar yang dimiliki oleh peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning menggunakan media video terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan pretest dan posttest control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VA dan VB SDN 193 Caringin Kota Bandung yang masing-masing berjumlah 24 orang. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Hasil dari uji hipotesis diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,009 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik kelas eksperimen dengan peserta didik kelas kontrol; Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik antara peserta didik kelas eksperimen dengan peserta didik kelas kontrol, hal ini dapat diketahui melalui nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 54,5 dan rata-rata posttest sebesar 84,35. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh ratarata pretest sebesar 47,92 dan rata rata posttest sebesar 76,71; Berdasarkan hasil effect size, penggunaan model Project based learning menggunakan media video pengaruh sebesar 1,06 terhadap keterampilan menyimak peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan model Project based learning menggunakan media video berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di kelas V SDN 193 Caringin Kota Bandung. Kata Kunci: hasil belajar, model Project based learning, media video

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:54
Last Modified: 08 Jul 2025 07:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77027

Actions (login required)

View Item View Item