Nafilia,Nashafa Rizqi, 215060072 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV (Penelitian Quasi Experiment pada Peserta Didik SDN 066 Halimun Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (945kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
12. BAB I.pdf Download (527kB) |
![]() |
Text
13. BAB II.pdf Download (979kB) |
![]() |
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (737kB) |
![]() |
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
![]() |
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (324kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dikarenakan model pembelajaran yang masih konvensional, metode pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan minimnya alat bantu atau media yang interaktif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh perbedaan rata-rata, peningkatan hasil belajar dan seberapa besar pengaruh model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall terhadap peningkatan hasil belajar IPAS kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan ialah Non-Equivalent Control Group Desain. Populasi yang digunakan ialah peserta didik kelas IV SDN 066 Halimun Bandung terdiri dari 52 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV A yang berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen dan IV C yang berjumlah 26 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan uji deskriptif statistik pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 81,38 dan kelas kontrol posttest sebesar 74,12, artinya pada kelas eksperimen lebih besar dan meningkat dengan diberikan perlakuan menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall. Hasil penelitian di dapat uji T (Independent Sample T-Test) diperoleh nilai posttest sebesar 0,043 berarti nilai sig (2-tailed) < 0,05 bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Selanjutnya hasil uji NGain kelas eksperimen sebesar 0,59 dan kelas kontrol 0,46 dinyatakan bahwa nilai eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Hasil uji effect size diperoleh nilai 0,58 artinya terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall terhadap peningkatan hasil belajar IPAS kelas IV SDN 066 Halimun Bandung.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 06:53 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 06:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77024 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |