FADILLAH OCTAFIANI, 205020076 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Nasional Bandung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (454kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (832kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning pada materi pendapatan nasional mata pelajaran ekonomi di SMA Nasional Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Nasional Bandung, tahun ajaran 2024/2025, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI 3 sebagai kelas eksperimen dan XI 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pretest dan posttest, dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab permasalahan tersebut menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa dimana pada kelas eksperimen skor pretest yaitu 59,44 dan skor posttest yaitu 78,44, sedangkan pada kelas kontrol skor pretest yaitu 57,20 dan skor posttest yaitu 67,00. Meningkatnya kemampuan berpikir kreatif dengan pengujian hipotesis dapat dilihat bahwa nilai signifikansi sebesar 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 yang artinya hipotesis yang berbunyi terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning siswa pada materi pendapatan nasional mata pelajaran ekonomi. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru alangkah baiknya untuk dapat menggunakan model pembelajaran yang bervariatif dalam pelaksanaan pembelajaran. Bagi pihak sekolah diharapkan mampu mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran dengan memberikan pengarahan kepada guru. Bagi siswa diharapkan dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif. Kata Kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 16 May 2025 01:43 |
Last Modified: | 16 May 2025 01:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |