Marliansya, Hefri, 205060009 (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasirlayung 02 Kecamatan Cimenyan). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (859kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
![]() |
Text
DAFATR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini dikarenakan rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas V di SDN Pasirlayung 02. Sehingga, diperlukannya sebuah inovasi untuk pengembangan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam kegiatan pembelajarannya. Pembelajaran yang diperlukan pada abad 21 dimana peserta didik di sekolah dasar yang cenderung lebih terbuka terhadap perkembangan tekhnologi. dengan teknologi yang dikuasai peserta didik tersebut, maka inovasi dalam bentuk digital dibutuhkan sebagai penunjang media pembelajaran yang sudah ada sebelumnya seperti buku-buku pegangan guru. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model Kooperatif Tipe Group investigation berbantuan media Audio Visual terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SDN Pasirlayung 02. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe quasi eksperimental tipe non equivalent control grup design. Subjek penelitian ini adalah 27 pesrta didik kelas V A (eksperimen) dan 27 pesrta didik kelas V B (kontrol) SDN Pasirlayung 02. Perlakuan yang diberikan pada kelas V A (eksperimen) dengan menerapkan model Kooperatif Tipe Group Investigation berbantuan media Audio Visual dan perlakuan yang diberikan pada kelas V B (kontrol) dengan menerakan model pembelajaran Konvensional. Teknik pengumpulan data yang diperolah dari hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pretest, posttest, dan lembar observasi. Teknik yang digunakan dalam pengelolaan data hasil belajar peserta didik dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji Mann-Whitney menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001, hasil uji N-Gain kelas eksperimen 55%, dan Uji Effect Size sebesar 1.76 dengan kategori besar. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan antara kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan kelas yang menggunakan model Kooperatif Tipe Group Investigation berbantuan media Audio Visual. Serta terdapat pengaruh yang signifikan pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan Kooperatif Tipe Group Investigation berbantuan media Audio Visual. Kata Kunci : Kooperatif Tipe Group Investigation, Audio Visual, Berpikir Keritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 06:14 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 06:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75223 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |