Putri, Khansa Hasna Irawan, 205020040 (2025) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 7 BANDUNG (Survei pada Siswa Kelas X SMA Pasundan 7 Bandung Tahun Akademik 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
2. Pengesahan.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
5. Abstrak.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
6. Abstract.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
7. Ringkesan.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
9. Bab I.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
10. Bab II.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
11. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
![]() |
Text
12. Bab IV..pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
![]() |
Text
13. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
![]() |
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (80kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (i) untuk mengetahui minat belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi peserta didik kelas X SMA Pasundan 7 Bandung;(ii) motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi peserta didik kelas X SMA Pasundan 7 Bandung; (iii) pengaruh minat belajar terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi peserta didik kelas X SMA Pasundan 7 Bandung. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Subjek yang menjadi fokus pada penelitian adalah siswa kelas X SMA Pasundan 7 Bandung yang berjumlah 132 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) minat belajar peserta didik dikatakan baik dengan rata-rata skor 4,06 dan persentase sebesar 80% (ii) motivasi belajar peserta didik dikatakan sangat baik dengan rata-rata skor 4,11 dan persentase sebesar 81% (iii) regresi linier sederhana dapat diperoleh Fhitung = 723.302 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan Ftabel = 22.503. Fhitung > Ftabel, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi atau dengan kata lain ada pengaruh minat belajar (X) terhadap motivasi belajar (Y) pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Pasundan 7 Bandung. Adapun hasil dari koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,849, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (minat belajar dan motivasi belajar) adalah sebesar 84,9%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci : Minat belajar, Motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 06:08 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 06:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75222 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |