DESIAMI, RIFANI SUCI, 185050010 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
8. RINGKESAN.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
10. BAB I.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
11. BAB II.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
![]() |
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) |
![]() |
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
![]() |
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (63kB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy sangatlah penting dimiliki oleh siswa. Namun, kemampuan pemecahan masalah matematis dan selfefficacy siswa SMP masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model Problem Based Learning biasa; 2) Mengetahui self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Problem Based Learning biasa; 3) Mengetahui apakah terdapat korelasi antara peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif; 4) Mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen berbentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Soreang, yakni kelas 8F sebagai kelas eksperimen dan kelas 8G sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes uraian kemampuan pemecahan masalah matematis, serta angket self-efficacy. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model Problem Based Learning biasa; 2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Problem Based Learning biasa; 3) Terdapat korelasi positif antara peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif; 4) Pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif efektivitasnya besar terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan efektivitasnya sedang terhadap selfefficacy siswa. Kata Kunci : pemecahan masalah matematis, self-efficacy, model Problem Based Learning, multimedia interaktif.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 07:12 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 07:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |