PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DI SEKOLAH DASAR

SARI, WULAN PUSPITA, 195060101 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (224kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (121kB)
[img] Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (637kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SDN Cikuya 03 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran hanya didominasi oleh guru tanpa melibatkan peserta didik dan tidak menggunakan media pembelajaran saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga membuat peserta didik kurang bersemangat dan kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian memfokuskan mengenai penggunaan media pembelajaran berbasis Canva. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis Canva terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SDN Cikuya 03. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif, dan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian dan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, dokumentasi, dan tes berupa pre-test dan post-test sebanyak 20 butir soal yang dijadikan sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis yang dilakukan untuk mengolah data penelitian adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain ternormalisasi dengan bantuan software IBM SPSS Statistic versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis Canva terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SDN Cikuya 03 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil persentase observasi aktivitas peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Selain itu, dibuktikan dengan hasil nilai N-Gain yang didapatkan pada kelas eksperimen sebesar 0,75 dengan kategori tinggi sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Kemudian dilanjutkan uji Independent Sample t-Test didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang lebih kecil dari nilai taraf normal sebesar 0,05. Sehingga memiliki hasil hipotesis berupa Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran berbasis Canva dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Cikuya 03. Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Canva, Hasil Belajar Peserta Didik, IPA

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Apr 2025 07:34
Last Modified: 22 Apr 2025 07:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75141

Actions (login required)

View Item View Item