PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI

FEBRIYANTI, TIFFANI RAHMA, 205060150 (2025) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (44kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (26kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (636kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep IPAS peserta didik di SDN 210 Babakan Sinyar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk ,mengetahui gambaran pelaksanan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains,perbedaan rata-rata terhadap kemampuan keterampilan proses sains IPAS peserta didik dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan peserta didik,mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep IPAS peserta didik dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan media pembelajaran interaktif dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran saintifik yang menggunakan pembelajaran konvensional,mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan pendekatan saintifik dengan media pembelajaran video animasi terhadap keterampilan proses sains. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, uji Mann- Whitney, dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan tahapan model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik menggunakan media pembelajaran video animasi dan model pembelajaran Konvensional yang berjalan lancar sesuai sintaks. Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis yang menggunakan model Project Based Learning dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Terdapat pengaruh pada penggunaan model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik menggunakan media pembelajaran video animasi dengan nilai 1,832 dalam uji effect size dengan kategori sedang. Kata Kunci : Keterampilan proses sains,Saintifik,Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Apr 2025 07:25
Last Modified: 22 Apr 2025 07:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75140

Actions (login required)

View Item View Item