NURAENI ULFA, 205060041 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
2. Pengesahan.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
3.Lembar Penguji.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
8. Abstract.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
10. Bab I.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
11. Bab II.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
12. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
![]() |
Text
13. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
14. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
![]() |
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (216kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman pada peserta didik di kelas IV SDN 024 Coblong. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pembelajaran menggunakan media pembelajaran komik digital dengan pembelajaran yang menggunakan media Canva, perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman peserta didik yang menggunakan media pembelajaran komik digital dan peserta didik yang menggunakan media Canva, dan pengaruh media pembelajaran komik digital terhadap kemampuan pemahaman peserta didik pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu SDN 024 Coblong dengan sampel 2 kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji Mann-Whitney, dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran komik digital dan media Canva berjalan lancar dan baik, terdapat peningkatan pada aktivitas pendidik maupun peserta didik disetiap pertemuan pembelajaran. Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman peserta didik yang menggunakan media komik digital dengan peserta didik yang menggunakan media pembelajaran Canva, yaitu diperoleh data hasil pretest kelas IV A sebesar 32,29 dan untuk kelas IV B diperoleh nilai 31,67. Sedangkan setelah peserta didik diberikan posttest, didapat hasil pada kelas IV A memiliki rata-rata 82,21 dan kelas IV B sebesar 72,92. Berdasarkan hasil uji effect size pada penggunaan media pembelajaran komik digital didapatkan hasil sebesar 1,396 berkategori besar, artinya media pembelajaran komik digital berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas IV SD. Kata Kunci: Media Pembelajaran Komik Digital, Kemampuan Pemahaman Peserta Didik, IPAS, Kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 01:58 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 01:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75129 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |