Nurwulan, 205060059 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE GLOBAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK BERBANTUAN APLIKASI QREATIF EDUKATIF. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (966kB) |
![]() |
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
9. BAB I.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
10. BAB II.pdf Download (460kB) |
![]() |
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
![]() |
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) |
![]() |
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
![]() |
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan peserta didik, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan nilaisiwa, hanya 19 orang yang tuntas dan 11 orang lagi masih belum tuntas, maka dari itu peneliti melakukan sebuah penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik melalui metode global berbantuan aplikasi qreatif edukatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian dilaksanakan di kelas I SDN Rancaekek 04. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen (Quasi Experiment). Sampel yang dipilih adalah kelas I A sebagai kelas ekperimen dan kelas I B sebagai kelas kontrol, disetiap kela memiliki 30 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Tes terdiri dari pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa, sedangkan observasi digunakan untuk menilai kemampuan membaca permulaan peserta didik. Analisis data menggunakan uji-t berdasarkan nilai pretest dan posttest dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent t-test, serta uji Ngain untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan dan uji effect size untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode global terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I di SDN Rancaekek 04. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa proses pembelajaran berjalan dengan baik, hal ini ditandai dengan terdapat perbedaan dan peningkatan pada hasil pretest dan posttest. Pada pretest di kela eksperimen rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik sebesar 55, 43sedangkan kelas kontrol hanya memperoleh rata-rata nilai sebesar 46,33. Rata-rata nilai peserta didik meningkat pada posttest , di kelas kontrol rata-rata nilai yang diperoleh hanya sebesar 52,23, sedangkan di kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 81,50. Selain itu, peningkatan pada penelitian ini dapat dilihat dari hasil uji NGain pada kelas eksperimen memperoleh nilairata-rata sebesar 80,2750 dan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 51,3492. Sedangkan untu pengaruh metode ini dapat dilihat dari uji effect size yang memperoleh nilai sebesar 2, 039 yang berarti memiliki pengaruh besar, dengan menerapkan metode global berbantuan aplikai qreatif edukatif dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan yang dimiliki peserta didik. Kata kunci: Kemampuan Membaca,Metode Global, Aplikasi Qreatif Edukatif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 08:56 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 08:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75111 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |