PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimen Kelas IV SDN Inpres Cikahuripan Kabupaten Bandung Barat)

KOMALASARI CINDY, 205060068 (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimen Kelas IV SDN Inpres Cikahuripan Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (132kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (515kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (500kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca kritis peserta didik kelas IV SDN Inpres Cikahuripan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media Big Book terhadap kemampuan membaca kritis peserta didik kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV SDN Inpres Cikahuripan pada tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan membaca pemahaman dengan jenis soal pilihan ganda, dan instrumen non tes berupa lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan untuk mengolah data penelitian adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji gain ternormalisasi dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model CIRC berbantuan media Big Book dengan kelas yang menggunakan model konvensional. Selain itu, penggunaan model CIRC berbantuan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan membaca kritis peserta didik. Nilai rata-rata pretest pada kelas yang menggunakan model CIRC meningkat sebesar 70%, dari yang semula 49.55 menjadi 84.70 setelah diberi perlakuan. Hasil uji gain menunjukkan indeks sebesar 0,70 atau 70%, yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil uji effect size menunjukkan nilai sebesar 1,00, yang termasuk dalam kategori besar. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model CIRC berbantuan media Big Book memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca kritis peserta didik di sekolah dasar. Kata Kunci: kemampuan membaca, media big book, membaca kritis, model CIRC

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Apr 2025 07:35
Last Modified: 17 Apr 2025 07:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74995

Actions (login required)

View Item View Item